Selasa, 25 Maret 2014

Gunung Sindoro, Tak Sebatas Angan

Semenjak menyukai yang namanya mendaki gunung, aku memang berkeinginan ke gunung sindoro - sumbing. tak ada alasan pasti mengapa terpesona dengan kedua gunung yang terletak di daerah temanggung dan wonosobo. ada yang bilang, di situlah tempat terbaik menikmati gumpalan awan putih. berawal dari suatu malam, aku lagi nongkrong asik di kucingan Kang No bersama huda dan narno mulai merencanakan untuk mendaki ke gunung sindoro. dan momen yang sangat pas, 26 November 2013 pasca huda berjuang menghadapi sidang skripsi. H-7 mulai menambah pasukan, hingga pada akhirnya aria dan farid ikut bergabung. awalnya kami merencanakan trekking habis subuh, puncak, lalu langsung turun. namun semua berubah, kami memtuskan untuk ngecamp di pos 3 atau pos 4. berangkat dari semarang jam 10.00, belum ada 2 km kami berjalan, hujan deras mengguyur tembalang. lama kami menunggu namun hujan tak kunjung reda. jam 12.00 dengan semangat kami menerobos hujan. singkat cerita, ketika sampai di bandungan hujan mulai reda.
jam 17.00 kami sampai di basecamp sindoro tepatnya di desa kledung. setelah registrasi, kami di himbau untuk tidak meninggalkan barang di pos 3 karena banyak kejadian yang barangnya di curi. sambil menunggu maghrib, kami mencari warung makan dulu disekitar basecamp karena perut ini sudah tak kuasa menahan lapar.
beberapa jam kemudian, setelah sholat isya' kami mulai trekking. melewati pemukman penduduk, ladang warga, memasuki hutan, hingga pada akhirnya jam 00.00 kami sampai di pos 3. disini sudah berdiri satu tenda, karena masih ada ruang kosong jadi kami memutuskan untuk mendirikan tenda disini. tidak banyak tempat datar disini. nikmatnya jika gunung tampak sepi, karena kali ini kami mendaki saat hari kerja. tak banyak obrolan malam itu, roti semir menjadi pengantar tidur lelap kami.
selamat pagi ku ucapkan dari pos 3, cuaca cukup cerah. seperti biasa, rutinitas pagi hari ya menunggu sunrise.

perjalanan dari pos 3 sampai puncak membutuhkan waktu sekitar 3 jam. saat registrasi, dihimbau jangan terlalu pagi di puncak. minimal ya jam 8 pagi karena di khawatirkan adanya gas beracun. ketika sampai di puncak, kami tidak berlama-lama karena kabut tebal dan bau belerang yang pekat. kami tidak mau mengambil resiko.