Senin, 17 Februari 2014

Karimunjawa, Bersepeda Mengejar Sunset

Petualangan ini terasa istimewa, karena dari sini aku mulai menggilai alam Nusantara. Dan mulai berpikir untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di negeriku yang katanya tanah surga. Perjalanan kali ini berawal dari ajakan seorang teman di bangku sekolah menengah atas yaitu pasky atau sebut saja “mas kerto” hahahaha. Awalnya hanya sekedar basa-basi namun akhirnya terealisasi. Tepatnya tanggal 9 November 2012 kami memulai petualangan di Karimunjawa. Berangakat menggunakan sepeda motor dari semarang menuju ke dermaga pantai kartini, Jepara. Siang itu, sekitar jam 14.00 kami memulai perjalanan laut menuju karimunjawa menggunakan kapal cepat bahari express. Memakan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Tidak ada hal yang istimewa selama di kapal.

dermaga karimunjawa


Akhirnya kami pun sampai di dermaga karimunjawa. Suasana dermaga cukup ramai. Banyak warga sekitar yang menawarkan penginapan serta menunggu sanak saudara yang datang dari pulau sebrang. Setelah turun dari kapal, kami menuju lokasi penginapan yang sudah kami pesan jauh-jauh hari. Istirahat sejenak, tanpa berlama-lama kami pun segera menuju ke dermaga untuk menikmati senja. Cuaca sore itu cukup cerah.
sunset dermaga karimunjawa
Malam pertama di karimunjawa kami habiskan dengan jalan-jalan di sekitar penginapan, serta menikmati suasana malam di tepian dermaga nelayan. Memancing, memasak, canda tawa, menyanyi cukup mengobati rasa lelah selama perjalanan. Tak terasa hari mulai gelap, dan kami pun memutuskan untuk kembali ke penginapan. Selamat malam sobat, selamat tidur, dan mimpi yang indah.


10 November 2012

Suara ayam berkokok membangunkan tidur lelapku. Hari ini akan kami habiskan waktu di laut. Perahu kecil sudah menunggu kedatangan kami di pinggir dermaga, peralatan snorkeling juga sudah tersedia, mari kita nikmati keindahan bawah laut karimunjawa. Ini merupakan pengalaman pertamaku menjajal snorkeling. Byuurrrrr aku sudah terjun ke laut dan wow begitu dekat dengan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang beraneka ragam warna. Aku pun mulai terbawa suasana keindahan bawah laut. Berenang kesana kemari membuat kami lupa waktu kalau siang mulai menyapa dan perut pun mulai lapar. Lalu, kami dibawa ke pulau cemara kecil. Pulau yang sangat bersih. Kami sudah membawa bekal nasi dari penginapan, dan saatnya bakar ikan. Pulau ini memang dijadikan tempat singgah untuk makan siang dan berteduh karena masih banyaknya pepohonan.








Setelah makan siang, kami dibawa ke tengah laut menuju spot snorkeling yang kedua. Disini kami lebih leluasa bergerak karena tidak terlalu dangkal namun juga tidak terlalu dalam. Aku tidak berani jauh-jauh dari perahu karena terkadang muncul rasa takut yaa mungkin karena ini merupakan pengalaman perdana. 
















Menjelang sore, kami menuju ke tempat penangkaran hiu. Kita disini diperbolehkan untuk masuk ke kolam hiu. Hiu-hiu disini cukup jinak, namun terkadang para pawang disini suka iseng ngerjain pengunjung agar hiu-hiu mendekat. Aku pun cukup rebahan di atas kursi kayu saja hehehehe. Dan petualangan hari ini ditutup dengan menikmati senja di sebuah spot sunset yang berada di tengah laut. Sayangnya sore itu matahari tertutup awan, tapi tak apalah. Masih ada hari esok.


kiri: firman, farid, hesti, arka, pasky, kannia, anin, dyas (saya)


Malam kedua kami habiskan di dermaga karimunjawa, nikmati angin laut dan suara gitar yang melantunkan melodi tentang cinta syalalalalalalala. Sambil menyusun rencana hari esok yaitu berkeliling karimunjawa menggunakan sepeda.

11 November 2012

Selamat pagi karimunjawa. Kami harus bangun lebih awal untuk berburu sunrise di pantai nirwana. Hanya beberapa kawan saja yang ikut berburu, mungkin mereka masih asik dengan mimpinya. Untuk menuju kesini juga dibutuhkan perjuangan. Letaknya tidak terlalu jauh dari penginapan kami namun kami harus melahap beberapa jalan menanjak dengan berjalan kaki. Tidak terlalu mengecewakan karena perburuan sunrise membuahkan hasil. 

pantai nirwana


sunrise pantai nirwana








Lalu, kami pun bergegas menuju tempat persewaan sepeda. Tujuan kami berikutnya yaitu Pantai Ujung Gelam. Jalan naik turun kami lahap secara perlahan. Kami tak peduli dengan sengatan panas matahari, karena kami tak takut hitam hahahaha. Hingga akhirnya kami beristirahat sejenak, birunya laut menghapuskan rasa lelah.

sepeda karimunjawa



Lalu kami melanjutkan perjalanan dengan sepeda butut yang lumayan tidak terawat ini. Akhirnya kami sampai di pantai ujung gelam. Rupanya kami terlalu cepat sampai disini, waktu masih menunjukkan pukul 14.00. Mau tak mau kami harus membunuh rasa bosan hingga terbenamnya matahari. Kami pun masak di tepian pantai untuk mengisi perut yang kosong. Tapi waktu terasa berjalan sangat lama, dan perut masih lapar. Kami pun singgah di warung-warung yang tertata rapi di pinggiran pantai. Cuaca tidak terlalu bagus, sekumpulan awan menutupi sang surya. Kami pun mulai pesimis dan pantai mulai tampak sepi. Namun kesabaran ini membuahkan hasil. 

pantai ujung gelam



sunset ujung gelam

sunset ujung gelam
Sunsetku............... kami pun hanyut dalam suasana senja. Hari mulai gelap, dan kami pun harus mengayuh sepeda melewati belantara pepohonan dengan cahaya lampu senter yang minim, lumayan merinding hehehe. Mainkan mp3 di handphone cukup ampuh mengusir rasa takut. Perjalanan masih jauh untuk menuju alun-alun. Beberapa kali kami harus menyandarkan sepeda karena nafas yang ngos-ngosan melahap jalan tanjakan. Akhirnya kami sampai di pusat keramaian, dan ini merupakan petualangan yang paling berkesan selama di karimunjawa (bagiku). Seperti biasa, malam ketiga kami habiskan dengan bernyanyi bersama di dermaga karimunjawa serta cerita konyol yang ngalor-ngidul.

12 November 2012

Beberapa jam kemudian... hari mulai siang dan itu tandanya kami harus meninggalkan karimunjawa.
Disinilah saya pribadi mendapatkan teman-teman baru, pengalaman baru, hobi baru, pemikiran baru, dan seiring berjalannya waktu kami jadi sering berpetualang bersama dengan beberapa tambahan peronil baru.

Karimunjawa, ingatlah hari ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar